Event Tips Karir

Top Coder 17 Yogyakarta

Top Coder Jogja -> Top Coder atau yang sebelumnya disingkat TCO merupakan sebuah perusahaan internasional yang membantu perusahaan untuk mendapatkan aplikasi, web, konsep ataupun desain yang diinginkannya. Sebelumnya, seperti namanya Top Coder hanya memfokuskan diri dibidang pemrograman atau coding. Namun seiring perkembangannya, Top Coder membuka bidang Data Science dan Design.

Top Coder menyediakan seluruh kebutuhan klien nya lewat para freelance yang bekerja mengikuti setiap kontes yang diadakannya. TCO Regional Event adalah sebuah workshop berskala internasional yang mengundang para ahli dibidangnya, untuk berkompetisi selama 2 hari penuh. Selama event ini, dibuka pula pendaftaran untuk Top Coder Open (Tunamen Programming dan Design). Peserta dengan nilai tertinggi sesuai kriteria panitia, akan diajak mengikuti Turnamen Programming dan Design di USA, dengan akomodasi ditanggung dan pastinya hadiah puluhan juta rupiah.

Yang paling menyenangkan dari Platform Top Coder adalah, hadiah yang ditawarkan selalu menggiurkan. $50 – $100 untuk 3-5 peserta terbaik yang lolos checkpoint, dan $1000 sampai >$10.000 untuk 3 pemenang. Selain hadiah yang menggiurkan, setiap kontes yang diadakannya selalu memiliki copilot atau semacam asisten yang siap membantu menjawab setiap pertanyaan kita, dan juga membantu ketika kita mengalami masalah. Brief dari setiap kontes juga sangat mendetail. Komunitas freelance yang dibentuknya sangat solid dan sangat terbuka pada peserta baru, banyak para senior di bidangnya yang mau berbagi dan siap menjawab pertanyaan para junior di bidang ini. Kompetisi memang sangat ketat, namun kekompakan dan kepedulian setiap peserta senior pada peserta lainnya sangat perlu diacungi jempol.

Peserta Top coder 2016 jogja

Apakah saya hanya akan mengulas tentang Top Coder dan event nya? tentu saja tidak. Saya sendiri telah mengikuti event Design TCO sejak tahun 2015. Saat itu eventnya digelar di East Parc Hotel. Saat itu adalah kali pertama saya mengenal Top Coder. Saya belajar mendaftarkan diri di platform ini, topcoder handle saya adalah dianatika. Saya memang lulusan jurusan ilmu komunikasi, corel, photoshop, dan dunia design adalah hal yang sering saya lihat dan gunakan. Namun saya bukanlah seorang designer, saya adalah seorang marketing. Yup.. saya adalah seorang marketing yang penasaran dengan banyak hal, saya suka dunia design, namun belum mahir dengan tools tools design. Saya juga menyukai dunia bisnis, fotografi, kuliner, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa blog ini saya buat memiliki banyak kategori yang bisa dibilang tidak terkait, karena semua itu adalah apa yang saya sukai.

Kembali ke Top Coder dan Event Top Coder Jogja , dalam platform top coder, handle adalah sebuah username yang mengenalkan kita ke komunitas Top Coder. Saya kemudian mengikuti juga TCO Regional Event 2016 di Hotel Ambarukmo dan saya masih akan mengikuti TCO Regional Event 2017 yang akan diadakan tanggal 12-13 Agustus 2017 di Hotel Ambarukmo nanti. Buat yang mau tahu, bisa segera daftar lewat Eventbrite yaa. Link Daftar bisa dicek dibawah ya ^_^

Dari pengalaman saya di tahun-tahun sebelumnya. Top Coder Jogja ini akan diadakan selama 2 hari. Di eventbrite tanggal untuk event tersebut dipisah, namun kita tetap bisa mengikuti keduanya, dengan memesan 2 tiket tentunya.

Cuplikan Workshop Top Coder tahun 2016 di Hotel Ambarukmo -> Top Coder Jogja 

Sudah tertarik mengikuti kontesnya?

Hal yang wajib kamu siapkan untuk mengikuti Event Design Top Coder Jogja :

  1. Laptop untuk design. Entah kamu ingin memulai di dunia design, baru mau belajar ataupun sudah expert, saya sarankan untuk membawa laptop. Karena hampir semua orang di event ini akan mengunakan Laptop dari jam 9 pagi hingga event selesai. Berbeda dari workshop workshop lainnya, dalam workshop ini dari awal hingga akhir kamu akan diminta mendesain sesuai kontes yang diberikan saat itu. Tidak akan ada materi atau ceramah panjang tentang design. Hanya akan ada sambutan, cerita-cerita pemilik handle yang telah sukses sebelumnya dan selebihnya hanya kontes design selama 2 hari berturut-turut.
  2. Daftarkan diri di platform Top Coder dan mulai ikuti beberapa kontesnya. Hal ini hanya untuk yang belum pernah mengikuti Top Coder sebelumnya. Kamu akan tahu, seberapa kompetitif saat acara itu nantinya. Tanpa mengetahui mengenai Top Coder dan Kontes-kontesnya, kamu akan benar-benar tertinggal.
  3. Asah kemampuan Bahasa Inggris. Saya tidak bilang harus expert, tapi paling tidak kamu harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup baik untuk membaca brief kontes yang dberikan. Brief yang diberikan sangat panjang dan cukup membingungkan, apalagi jika kamu belum paham bahasa inggris. Tentu saja kamu bisa bertanya pada senior lainnya, namun itu akan terjadi setelah kamu daftar dan telah mengikuti beberapa kontes dan aktif dalam komunitas mereka. Dalam event ini, juga akan ada pembicara yang menggunakan bahasa inggris, jadi akan sangat sayang apabila kamu kurang bisa memahami apa yang dibicarakan dalam workshop ini.
  4. Persiapkan Mock Up, Wireframe dan semua element yang mungkin dibutuhkan. Dari apa yang saya pelajari di tahun tahun sebelumnya, kita hanya akan diberi waktu 1-3 jam untuk menyelesaikan setiap kontes. Dalam 2 hari itu, akan ada sekitar 3-4 kontes yang harus dikerjakan. Dalam 2-3 Jam, kamu tidak akan bisa mengejar apabila belum memiliki layout, wireframe ataupun Mock up yang siap digunakan. Gunakan waktu dengan bijak, 1 jam untuk memahami brief dan mencari ide, beberapa jam berikutnya untuk mulai mendesign.
  5. Siapkan Koneksi Internet Sendiri. Di event ini memang akan diberkan koneksi internet gratis, namun peserta yang menggunakan koneksi ini akan ada lebih dari 50 orang sekaligus belum termasuk seluruh pengguna koneksi di hotel tersebut. Saat-saat paling kritis dalam workshop ini adalah, saat kamu akan mendaftarkan karyamu untuk dinilai. Ada batas waktu yang tidak bisa di toleransi, bahkan telat beberapa detik saja, bisa membuatmu gagal. Yang palig sering terjadi di lokasi sebelumnya adalah, bagaimana banyak peserta yang akhirnya frustasi karena gagal mendaftarkan karyanya di detik detik terakhir. Karena apabila hingga batas waktu yang disedakan karyamu belum ditambahkan, maka karyamu tidak akan bisa ditambahkan (dengan beberapa pengecualian tentunya). Jadi saran saya belilah kuota yang cukup di HP kamu atau bawalah modem dengan koneksi yang cukup dan stabil.

Hal yang mungkin akan kamu dapatkan dari Event Top Coder Jogja  2017 besok:

  1. Makanan Ala Hotel Royal Ambarukmo. Jangan khawatir mengenai kebutuhan konsumsi. Dari pengalaman sebelumnya, kamu akan mendesign dengan kondisi yang sangat menyenangkan. Sebelum acara dimulai akan ada Coffe break ala hotel, dengan snack yang sangat menggiurkan. Di tengah berlangsungnya acara, akan ada snack dan minuman ringan untuk menemani kalian mengerjakan kontes-kontes tersebut. Saat jam makan siang akan ada jamuan makan siang dengan berbagai menu pilihan yang dijamin membuatmu tak ingin berhenti makan. Di akhir acara juga masih akan ada makan malam yang tak kalah nikmat dan mewah.
  2. Pengalaman Design. Bukan hanya pengalaman untuk membuat design, tapi pengalaman mendesign dalam waktu secepat-cepatnya dan dengan kondisi persaingan yang sangat ketat.
  3. Bertemu Designer dari seluruh dunia. Kebanyakan peserta yang mengikuti ini adalah para designer yang cukup handal dalam bidangnya, ada yang jago untuk design flat, design website, design aplikasi, dan berbagai design lainnya. Beberapa dari peserta adalah senior yang telah berkali kali menjurai kontes design di Top Coder dan mereka juga akan mengikuti kontes kontes dalam workshop itu, tapi jangan berkecil hati, dalam kontes ini, beberapa kontes juga sering dimenangkan oleh anggota baru.
  4. Kesempatan mengikuti Turnamen Programming & Design. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, seluruh penilaian dalam kontes ini akan diakumulasi dan peserta dengan poin nilai tertinggi akan diajak mengikuti turnamen internasional yang akan diadakan di USA dengan hadiah yang lebih besar dan kesempatan bertemu Programmer dan desainer dari seluruh dunia.
  5. Kesempatan membawa pulan jutaan rupiah. Jika kamu bersungguh sungguh dan memahami karakter design yang diberikan, hal itu bukanlah tidak mungkin. Dalam setiap event, 3 peserta terbaik yang lolos checkpoint akan diberikan hadiah sejumlah $50 hingga $200, dalam bentuk uang dollar yang akan diserahkan langsung ke peserta tersebut.

Jadi tunggu apalagi? siapkan dirimu dan ikuti eventnya!

Berikut Cuplikan Turnamen Programming dan design sebelumnya!

Well, masih banyak cerita seru dan menarik yang cuma akan bisa kamu dapat jika kamu ikutan eventnya! So, Tunggu apa lagi? Tantang dirimu dan ikuti Workshop design paling kece ini.

Link Pendaftaran Workshop Design Top Coder 2017 di Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *