Ibu Hamil Mama Muda Moms and Kids

-> Review Dokter Kandungan Jogja, Dr Enny

Kembali tentang cerita ibu hamil, sebelum mulai review mungkin perlu saya jelaskan. Saat periksa, saya hamil 28 week dan sebelumnya sudah pernah periksa di puskesmas jetis dan periksa dengan dokter Ariata di RS Sadewa Jogja. Untuk yang ingin baca reviewnya, bisa cek posting saya tentang

  • -> Review Lengkap Dokter Kandungan Jogja, Dokter Ariata SPOG di RS Sadewa – Usia kehamilan 13 Week
  • -> Pengalaman periksa hamil di Puskesmas Jetis Jogja dengan BPJS.
  • -> Pengalaman periksa hamil di Bidan …. Jogja dengan BPJS
  • -> Pengalaman periksa di Klinik GMC UGM dengan BPJS
  • -> Review Lengkap Dokter Kandungan Jogja, Dokter Upik di RS PKU Muhamadiyah Gamping – Usia Kehamilan 27 Week
  • -> Review Lengkap Dokter Kandungan Klaten, Dokter Zamzuri SPOG di Apotek Sidowayah. – Usia Kehamilan 29 Week

Apa tidak apa-apa berpindah-pindah dokter?

Untuk yang bertanya-tanya, apakah tidak apa-apa jika berpindah pindah dokter dan puskesmas? apakah tidak lebih baik fokus dengan satu dokter saja? Sebenarnya akan lebih bagus untuk periksa dengan satu dokter atau bidan saja, namun demikian saya ingin coba cari dokter yang cocok dan mendapatkan penjelasan yang sebaik mungkin. Sebelumnya saya periksa di Dokter Ariata atas saran dari bidan untuk USG karena di tempat praktek bidan tidak ada fasilitas USG, dari situ baru diketahui usia kehamilan saya sekitar 13 Week.

Selanjutnya saya mulai mencari dokter yang bisa memberikan masukan yang positif dan cocok dengan saya lewat review-review dari internet. Untuk di Jogja sendiri, saya banyak mendengar tentang Dokter Enny dan jadi tertarik untuk periksa pada dokter Enny. Sedangkan keputusan periksa di dokter Zamzuri, didasari pada kemungkinan saya akan melahirkan di Klaten, dan di Klaten banyak review positif tentang dokter yang praktek di RSI Klaten ini serta banyak cerita jika di tempat prakteknya selain periksa juga akan diberikan terapi musik untuk janin dalam kandungan yang cukup menarik untuk saya. Oke, sudah dulu cerita latar belakangnya. Kita mulai cerita pengalaman periksa saya dengan Dokter Enny beberapa hari yang lalu.

Pengalaman Periksa Kehamilan di JIH, Pendaftaran

Sebelumnya saya sebenarnya sudah membuat janji periksa di kliniknya untuk tanggal 26 april, namun di kliniknya tidak ada usg 3D, dan menurut info dari teman, kalau periksa dengan dr Enny di JIH 200 ribuan sudah dapat usg 3D. Akhirnya saya dan suami khilaf, untuk booking periksa ke dr Enny di JIH.

Dari info teman juga, dr Enny ini cepat habis antriannya, jadi harus ambil nomor dari subuh. Pertama kali kesana, kami kesana hari sabtu tanggal 14 april 2018. Saat kami tanya satpam, tempat untuk periksa hamil, dari loby, perempatan ke 2 nanti belok kanan, yang ternyata adalah bagian poli anak. Setelah ambil nomor antrian dan menunggu sebentar, kami tanyakan ke perawat, dan ternyata dokter kandungan libur hari ini karena tanggal merah. Ya hari itu adalah tanggal merah karena Isra Mi’raj, kami lupa. Sebelum pulang, kami sempatkan dulu bertanya ke bagian pendaftaran di Lobby. Untuk informasi tambahan, RS JIH saat ini terasa ramah muslim sekali, seluruh karyawan wanitanya berjilbab, dan terlihat ramah sekali.

  • Apakah bisa booking periksa kehamilan online lewat WA atau aplikasi? Untuk booking pendaftaran bisa, namun untuk pasien pertama harus daftar langsung dan ambil nomor dulu, karena belum punya RM. Ini juga berlaku untuk yang booking lewat aplikasi.
  • Untuk Dr Enny SPOG apakah bisa booking lewat WA atau aplikasi? Untuk Dr Enny, bisa booking tapi hanya untuk 7 nomor sedangkan sisanya untuk pendaftaran langsung di JIH. Kuota pendaftaran Dr Enny setiap harinya adalah 33 orang.
  • Kapan jadwal praktek Dr Enny SPOG di JIH? Jadwal prakter Dr Enny, senin-sabtu dari jam 08.00 s/d 14.00 namun jika pasien belum selesai akan diselesaikan dulu seluruhnya.
  • Apakah benar harus antri nomor dari subuh? Untuk antri nomor, mesin antrian baru dinyalakan jam 06.00 dan bagian pendaftaran baru dibuka pukul 07.00, jadi disarankan ambil nomor pada jam tersebut dan menunggu pendaftaran pada jam 07.00. Pengalaman Pribadi, ambil nomor dan pendaftaran pukul 06.45, dapat nomor antrian 29 dari 32 Nomor dan diperiksa sekitar jam 15.00 (Hari Senin)
  • Untuk pendaftaran periksanya dimana? Pendaftaran periksa bisa dilakukan di Lobby, nanti setelah selesai pendaftaran bisa menunggu nomor dipanggil di ruang periksa kehamilan. Apabila sudah pernah periksa di JIH dan punya nomor pasien, bisa daftar lewat aplikasi.
  • Dimana ruang periksa kehamilannya? Ruang periksa kehamilan, dari Lobby lurus, setelah perempatan lurus, nanti disitu ada suster bisa langsung tanya dan berikan kertas pendaftaran kesitu.
  • Apakah bisa ditinggal dulu setelah Daftar? Bisa. Setelah menyelesaikan prosedur pendaftaran di lobby, dan pendaftaran awal di poli kebidanan, bisa ditinggal. Nomor antrian periksa bisa dipantau secara RealTime.
  • Bisa Daftar dan booking lewat aplikasi untuk pasien yang pernah periksa di JIH dan punya nomor pasien
  • Bisa minta daftar pakai Go Jek. Kurang tau sih pakai fitur apa, dan bayar berapa. Tapi waktu periksa hamil kemarin, ada driver gojek yang ambil antrian dan di pendaftaran juga menyebutkan data pendaftar.

Oke, hari itu kami segera pulang dan siap-siap kembali agar bisa periksa hari senin tanggal 16 April 2018.

Pendaftaran Periksa Dokter Kandungan Jogja, Dr Enny di JIH

Pada hari seninnya, kami sudah bangun pagi-pagi sekali untuk bersiap-siap ke lokasi, tapi karena berbagai hal akhirnya saya dan suami baru bisa berangkat ke JIH pukul 06.30, dalam hati saya sudah was was tidak akan dapat nomor untuk periksa dengan Dr Enny, tapi ya sudahlah, kita coba dulu. Kami sampai di lokasi sekitar jam 06.45 dan saya langsung ambil nomor pendaftaran, saya dapat nomor 29.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, nomor pendaftaran saya dipanggil. Saya diminta menyerahkan ktp untuk di fotocopy dan mengisi beberapa berkas pendaftaran dan kami dapat antrian 29 juga untuk periksa dengan Dr Enny serta diberikan kartu pasien dan nota struk pendaftaran, selanjutnya kami diminta ke bagian periksa kehamilan. Di awal pendaftaran di JIH ini, kita diberi satu minuman kotak rasa jeruk.

Di bagian periksa kehamilan, saya serahkan struk pendaftaran dan nomor urut, lalu diminta menunggu untuk menimbang dan cek awal. Tidak berapa lama saya dipanggil untuk timbang berat badan, cek tensi, cek lingkar lengan dan ditanyai mengenai keluhan dan diminta mengisi beberapa berkas pendaftaran.

Saya kemudian bertanya, untuk nomor pendaftaran saya kira-kira apakah bisa ditinggal dan perlu kesini jam berapa? Perawat menyarankan untuk memantau nomor antrian yang berjalan di antrian.rs-jih.co.id , dan dimohon untuk sudah hadir 4 nomor sebelum nomor pendaftaran dipanggil. Semua selesai pada pukul 08.15, lalu saya dan suami segera berangkat ke kantor.

Untuk informasi tambahan, parkir motor di JIH ini dikenai biaya 1000 untuk 1 jam pertama dan tambah 1000 lagi untuk 1 jam berikutnya, serta penitipan helm (bagi yang mau) 1000 juga.

Di kantor kami terus memantau nomor urut pendaftaran di web yang ditentukan (Website untuk memantau pendaftaran, ada di kuitansi atau nomor antrian). Rata-rata pasien diperiksa 7 sampai 15 menit, namun ada juga pasien yang diperiksa hingga 30 menit ataupun 1 jam.

6 nomor menjelang nomor pendaftaran periksa (nomor 23), saya dan suami memutuskan untuk berangkat dan menunggu di JIH. Kami sampai di JIH sekitar pukul 14.50 dan saat itu nomor antrian masih nomer 27, masih 2 nomor sebelum saya.

Setelah pasien nomor 27 selesai, perawat mengumumkan pemeriksaan akan diistirahatkan sejenak untuk solat 15 menit karena sudah memasuki waktu ashar. Saya dan suami pergi sejenak, lalu kembali ke ruang periksa pada pukul 15.37, setelah menunggu sejenak, ada panggilan untuk nomor urut saya dan saya serta suami langsung dipersilahkan masuk oleh perawat.

Periksa Dokter Kandungan Jogja, Dr Enny di JIH

Ada seorang perawat dan Dr perempuan yang saya perkirakan adalah Dr Enny yang menyambut saya dan menanyakan nama lalu langsung meminta saya berbaring untuk USG. Ketika saya tanya apakah boleh direkam atau difoto? ternyata kebijakan Rumah sakit tidak memperbolehkan, jadi saya akan bercerita beberapa hal yang saya ingat saat itu.

Periksa USG 2D di JIH, Dr Enny – dokter kandungan jogja

Saat USG, dokter memanggil suami saya dan lebih banyak menjelaskan pada suami saya.

“Pak, ini kepalanya, ini tengkoraknya ini otaknya, aman ya tidak ada kelainan. ini jari-jarinya, tangannya, kakinya, ini jantungnya, ini bibirnya normal, tidak ada bibir sumbing, ini ketubannya bagus, plasentanya bagus, kepalanya masih diatas ya”.

Untuk jenis kelaminnya pertama dokter mengatakan itu laki-laki, lalu setelah dilihat kembali di sekitar paha janin, tidak ada benjolan dan terlihat ada garis.

“Ini perempuan ya pak, untuk beratnya 1.2 kg sudah sesuai dengan usia kehamilan.”

Selanjutnya dokter meminta perawat untuk memberikan saya air putih, dan saya diminta minum sambil usg, sambil tiduran.

“Ini  perlu banyak minum air ya, biar adeknya gerak-gerak di dalem. Minum lagi mba”

Setelah minum dan setelah beberapa kali dokter menggoncang-goncangkan perut saya, akhirnya terlihat janin mulai bergerak-gerak.

“Ini keliatan ya pak, gerak gerak”.

Suami saya hanya mengangguk sambil melihat usg yang proses dan gambarnya sangat cepat itu. Ibu yang sedang diperiksa juga bisa melihat hasil usg lewat layar tambahan yang disediakan menghadap ibu, sedangkan suami dan dokter melihat usg dari layar usg utama. Tapi proses USG nya cepat sekali, saya dan suami sempat agak bingung saat memperhatikan penjelasan dokter.

Setelah USG, saya duduk di kursi yang disediakan bersama suami, dan dokter memberikan saya kertas bertuliskan beberapa nasehat, dan masih menambahkan nasehat yang harus saya tulis lagi di kertas itu. Berikut beberapa hal yang disampaikan.

Nasehat Setelah Periksa kandungan Dr Enny, dokter kandungan Jogja

  • Perbanyak nungging ya, tiap habis solat, nungging minimal 10 menit, jadi sehari nungging 5 kali, biar kepalanya cepet turun. (Perlu diketahui, nungging ini 3 menit saja sudah bikin kaki kesemutan dan leher pegel, kalau 10 menit… ya tau lah gimana.)

Anjuran Terkait Makanan & Minuman ibu hamil

  • Perbanyak makan ikan, telur, sayur, buah
  • Usahakan selalu makan setiap 2 jam tapi sedikit-sedikit, karena ibu hamil mudah lapar, jangan sampai lapar
  • Perbanyak minum air minimal 2 gelas bisa dari air putih air kelapa, air susu, jus atau yang lainnya. Karena makanan yang dimakan ibu akan masuk ke usus, kalau tidak ada airnya, tidak bisa diserap janin.
  • Perbanyak gizinya, jangan mengandalkan obat, karena obat saja tidak cukup.

Pantangan Terkait Makanan & Minuman ibu hamil

  • Hindari minuman kotak, makanan kaleng, semua yang mengandung pengawet, penyedap dan sejenisnya.
  • Hindari sate kambing dan sate sapi. Tapi sate ayam, tongseng dan gulai tidak apa-apa. Ditakutkan sate kambing dan sate sapi akan menyebabkan tokso jika tidak terlalu matang atau kematangannya tidak sempurna.
  • Hindari kontak dengan binatang peliharaan seperti kucing atau anjing, karena ditakutkan tokso juga
  • Hindari makan kerang dan tuna karena kemungkinan kandungan merkurinya tinggi, tapi kalau ikan, udang, atau makanan laut lainnya gapapa.

Pertanyaan tambahan tentang keputihan.

  • Saya ada keputihan cukup banyak, apakah tidak apa-apa? Untuk keputihan perlu diamati, jika berwarna putih atau bening, tidak gatal, tidak berbau, itu tidak apa-apa. Usahakan setelah buang air, siram hingga 5 kali, dan jangan menggunakan sabun, sirih atau apapun di area kewanitaan, cukup siram air hingga 5 kali, nanti dipantau terus.

Review Pelayanan di JIH

  • Pelayanan di JIH sangat bagus, tapi lumayan mahal pendaftarannya, sampai 200K belum termasuk obat. Obat juga diberikan yang lumayan mahal, sekitar 100K lebih untuk Omega3 dll gitu.
  • Pelayanan JIH cukup lengkap, ruang tunggu nyaman, perawatnya ramah-ramah.
  • Ada sistem antrian realTime yang sangat membantu, jadi tidak perlu nunggu di lokasi terus.
  • Bisa booking dan daftar lewat aplikasi, kalaupun terbatas untuk beberapa dokter dan hanya untuk pasien yang sudah terdaftar.
  • Lokasi tempat solat cukup jauh, bisa untuk latihan jalan ibu hamil lah.
  • Ada tempat bermain anak di dekat tempat periksa hamil, tepatnya di dekat poli anak.
  • Alat USG cukup jelas, dan fasilitas pemeriksaan cukup lengkap.

Review Pelayanan Dr Enny, Dokter Kandungan Jogja

  • Saat USG terlalu cepat, dan cepat juga penjelasannya, terkesan buru-buru. Mungkin karena saking banyaknya pasien.
  • Dokternya cukup detail memberikan saran dan nasehat, tapi cukup banyak pantangan untuk makan dan minum.
  • Dokternya tidak membuat pasien was was, lebih banyak menenangkan.

Tambahan

  • Ada Review untuk periksa di kliniknya ga? Kebetulan saya tidak sempat periksa ke klinik, sudah dua kali janjian tapi gagal terus akhirnya.
  • Ada review periksa di usia kehamilan lain ga, sama dokter Enny? Kebetulan, saya cuma sekali, periksa sama dokter Enny ini. Selanjutnya, saya pilih periksa di dr Azzam di Klaten.

Sekian deh Review dari saya untuk periksa dokter kandungan di jogja dengan Dr Enny di JIH. Untuk pengalaman periksa kehamilan dengan dokter atau fasilitas kesehatan lainnya, bisa dicek dibawah!

  • -> Review Lengkap Dokter Kandungan Jogja, Dokter Ariata SPOG di RS Sadewa – Usia kehamilan 13 Week
  • -> Pengalaman periksa hamil di Puskesmas Jetis Jogja dengan BPJS.
  • -> Pengalaman periksa hamil di Bidan …. Jogja dengan BPJS
  • -> Pengalaman periksa di Klinik GMC UGM dengan BPJS
  • -> Review Lengkap Dokter Kandungan Jogja, Dokter Upik di RS PKU Muhamadiyah Gamping – Usia Kehamilan 27 Week
  • -> Review Lengkap Dokter Kandungan Klaten, Dokter Zamzuri SPOG di Apotek Sidowayah. – Usia Kehamilan 29 Week

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *