Hiburan

Audisi pencari bakat merupakan hal yang banyak kita lihat beberapa tahun belakangan ini. Banyak penyanyi ataupun pemilik bakat yang akhirnya bisa sukses setelah mengikuti audisi seperti ini.

Di Indonesia sebut saja KDI, AFI, The Voice Indonesia, IGT, Indonesian Idol, API, dan berbagai audisi lainnya. Beberapa artis indonesia yang sukses berkat audisi ini antara lain Judika, Sule, Vidi Aldiano, Dara The Virgin, Kunto Aji Wibisono, Tika & Tiwi AFI, Virzha, Gissella Anastasia, dan masih ada banyak artis lainnya bisa kamu cek di link berikut.

-> 22 Artis sukses ini ternyata jebolan ajang pencari bakat!

Selain artis dalam negeri, banyak juga artis luar negeri yang akhirnya sukses setelah mengikuti ajang pencari bakat. Artis-artis ini bahkan tidak menjadi juara dalam ajang pencari bakat itu. Sebut saja One Direction, Carrie Underwood, Adam Lambert, David Cook, dan beberapa penyanyi lainnya cek disini!

-> 17 Artis Mancanegara yang sukses setelah debutnya dari ajang pencari bakat!

Dari semua kisah sukses para artis ini ada juga kisah menyentuh dan inspiratif dari para peserta ajang pencari bakat ini. Berikut video audisi dan cerita cerita menarik yang berhasil saya rangkum. Bisa ditambahakan ya, kalau ada yang lainnya!

Pemuda istimewa yang berhasil membuat Simon Menangis!

Josh Daniel “Jealous – Labrinth” – X Factor UK 2015.

Selain sukses membuat seluruh penonton terharu, Josh Daniel juga sukses membuat semua juri termasuk Simon berkaca-kaca dan sangat terharu. Dia adalah peserta terakhir hari itu, susasana audisi sudah pasti cukup membuat para dewan juri panas, jenuh dan kesal. Josh Daniel membawakan sebuah lagu istimewa “Jealous – Labrinth”, yang dibawakannya untuk sahabatnya yang telah pergi mendahuluinya. Dari lagu ini dia ingin menyampaikan pesan yang berbeda dari lagu aslinya, bahwa aku cemburu karena kamu bahagia tanpaku atau bisa dikatakan bahwa aku cemburu karena kini kamu telah bahagia di surga, di tempat yang lebih baik dariku.

Bisa terlihat pesan kesedihan mendalam yang coba disampaikan Josh lewat lagu ini. Beberapa kali juga telihat nada suaranya bergetar dan matanya berkaca-kaca. Bagian paling menyentuh adalah dalam beberapa lirik berikut:

‘Cause I wished you the best of All this world could give
And I told you when you left me, There’s nothing to forgive
But I always thought you’d come back,

Tell me all you found was Heartbreak and misery
It’s hard for me to say,

I’m jealous of the way, You’re happy without me

Artinya:

Aku berharap yang terbaik yang mungkin di dunia untukmu
Dan kukatakan padamu, ketika kamu meninggalkanku, tak ada yang perlu dimaafkan

Tapi aku selalu berpikir bahwa kamu akan kembali, memberitahuku bahwa yang kau dapatkan hanya patah hati dan penderitaan

Sangat sulit untuk kukatakan, aku cemburu karena ternyata kamu bahagia tanpaku.

Di akhir video terlihat bagaimana Simon langsung mengenakan kaca mata hitam, pergi dari lokasi audisi sambil menahan air mata. hmh.. pastinya ini sangat menyentuh dan membuatnya merasa mengingat sesuatu yang menyedihkan.

Dari video ini kita bisa belajar merelakan seseorang yang telah pergi meninggalkan kita, dan selalu mendoakan yang terbaik baginya.

Pemuda Gugup dan impiannya

Chrisopher Maloney “The Rose- Bette Midler'”- X Factor UK 2012

Christopher Maloney atau Chris adalah seorang pemuda yang sangat mudah gugup. Dia sudah mengalami kesulitan dalam kesehariannya dan juga ditempat kerjanya karena dia akan selalu gugup saat berbicara di depan orang lain, sehingga membuatnya sulit untuk bertemu klien dan banyak yang akhirnya tidak mau mempekerjakannya. Menyanyi adalah satu-satunya hal yang menurutnya paling menyenangkan dan membuatnya lebih percaya diri.

Di awal audisi, sagat terlihat bagaimana tangannya bergetar saat memegang mic dan nada suaranya juga terlihat terbata-bata dan bergetar saat menjawab pertanyaan dari juri. Salah satu juri saat itu, Tulisa Contostavlos, mencoba menenangkan chris, memintanya menarik nafas, menenangkan dirinya, dan mencoba mengalihkan rasa gugupnya dengan menanyakan siapa yang selama ini selalu menjadi pendukungnya yang dijawabnya dengan neneknya.

Setelah dia mulai menyanyi, semua orang dan juri terkejut karena suaranya yang memang bagus dan rasa gugupnya terliht tidak menjadi gangguan ketika dia bernyanyi.

Yang paling menyedihkan dari cerita mengenai Chris adalah fakta bahwa setelah terkenal pun dia masih merasa sangat tidak percaya diri. Dia tidak lagi di merasa tidak percaya diri karena kegugupannya namun karena wajahnya. Banyak yang mengomentarinya jelek dan seterusnya, hingga akhirnya Chris menghabiskan lebih dari £70,000 atau setara dengan Rp. 1,2 M untuk operasi plastik. Dan yang lebih menyedihkan lagi, dia akhirnya di bully juga karena melakukan operasi plastik setelah melakukan operasi plastik itu. Hal ini tentunya sangat disayangkan, namun tak tepat jika kita menyalahkan Chris yang tidak mampu menerima dirinya apa adanya.

Dunia kita, yang lebih suka mencerca daripada memuji dan mendukung seseorang agar melakukan hal yang lebih baik, akhirnya memaksa orang untuk mendorong diri mereka ke jurang kehancuran. ya.. kitalah alasan dunia menjadi tempat yang sangat jahat dan tidak berperi kemanusiaan. Bukan hanya mereka yang mengejeknya yang jahat, tapi kita yang diam dan melihatnya diejek tanpa mengatakan apapun juga adalah yang membuat kejahatan itu semakin menjadi jadi.

Di Indonesia kita tentu sering mendengar ada yang diejek jelek karena hitam atau berkulit coklat, jerawatan, pendek, botak, ataupun kampungan. ketika satu orang mengejek, apa yang dilakukan yang lainnya? mentertawakan ejekan itu, seolah itu memang benar. Bahkan rasa kasihanpun tidak membuat salah seorang diantara kita membela orang yang di bully itu, karena itu akan membuat kita juga di bully. Yang tidak pernah kita sadari adalah inilah yang menghancurkan kehidupan seseorang. Jadi mari berhenti mengejek, dan katakan jika ada yang masih suka mengejek orang lain “Siapkah kamu bertanggung jawab atas kehidupan orang yang kamu ejek nantinya? Bagaimana jika kamu yang diejek? apa kamu masih bisa tertawa seperti sekarang?”. Semua langkah kecil kita akan membuat dunia menjadi  tempat yang jauh lebih baik.

Komedian dengan cerita yang menginspirasi

Drew Lynch “Commedian” – AGT 2015

Melihat video ini, kita harus menyiapkan lebih banyak konsentrasi karena Drew memiliki kekurangan dalam berbicara yang membuatnya terbata-bata ketika berbicara. Sekitar 4-5 tahun sebelumnya, dia adalah pemain Softball, namun dia mengalami kecelakaan ketika bermain softball. Dia terkena bola softball di bagian tenggorokannya yang akhirnya mengakibatkan dia kesulitan dalam berkata-kata. Hal ini tentunya membuatnya sangat marah, tertekan dan merasa rendah diri. Hal ini menjadi pukulan berat dalam kehidupannya.

Dia menyatakan bahwa dirinya yang dulu adalah orang yang brengsek, dia yang dulu tidak akan mau berteman atau berdekatan dengan orang yang seperti dirinya sekarang ini. Sekarang dia merasa bertanggung jawab untuk menunjukkan pada siapa saja bahwa kita bisa mengubah segala hal yang buruk sekalipun menjadi hal yang lebih positif.

Meski demikian, untungnya dia memiliki seorang pacar yang sangat baik. Pacarnya menyemangatinya untuk menjadi komedian, untuk mentertawakan dirinya sendiri dan membuat orang tertawa karena dia lucu dan bukan karena mengejeknya lagi.

Dia akhirnya memulai audisi dan mulai menceritakan leluconnya bagaimana kita seharusnya tidak bisa tidur dalam keadaan bergetar, nyatanya dia tidur dalam kondisi itu. Dia juga menceritakan bagaimana pacarnya harus melakukan 3 pekerjaan sekaligus agar dia bisa mengejar karir sebagai komedian. berikut beberapa cuplikan komedinya:

  • Saya sebenarnya sudah bisa menerima keadaan saya saat ini, namun terkadang saya masih mengalami masalah yang sangat berat, seperti ketika saya di layanan drive thru karena kita harus menyampaikan pesanan secara cepat lewat intercom (HT). Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jika saya harus bekerja disana (ba ba baik, pesa sa sa nan an an da ada ada la la lah … bla bla bla – pastinya akan menarik sekali apabila ada pekerja bagian drive thru yang sepertinya)
  • Saya juga tidak bisa membayangkan apabila ada orang yang menggunakan suara saya sebagai GPS nya. Suaranya pasti akan: si si lah kan pu pu tar ke ka kan nan, ka ka nan lau ke ke ki ki ri .. lalu ke ka ka ka nan (yang pasti orang itu malah akan berputar-putar atau di teriaki banyak orang karena berjalan lambat)
  • Lalu ada suatu ketika, ada orang yang datang padaku setelah pertunjukanku dan berkata “kamu tidak seharusnya menertawakan orang dengan keterbatasan, hanya karena kamu adalah salah satunya”.  dan aku menjawab “Yaah.. apakah aku terihat seperti itu?”

Setelah melihat pertunjukannnya, ini adalah hal mengharukan yg dikatakan salah satu juri, Howie Mandel.

” Saya tahu, kamu disini untuk membuat orang tertawa, tapi kamu tidak tahu bahwa kamu telah membuatku merasa sangat emosional. Komedi seringkali bearasal dari sisi tergelap seseorang. Banyak komedian yang sebenarnya depresi, aku secara personal juga menggunakan tawa untuk mencoba mendapatkan kebahagiaan. Yang telah kamu lakukan adalah kamu mencari cahaya di ujung kegelapan. Cahaya itu adalah perilakumu dan saya akui, saya belum pernah tersentuh akan pertunjukan seperti ini sebelumnya. Dan karena kamu, juga karena pertunjukan ini, saya ingin melakukan sesuatu yang spesial, sesuatu yang sebelumnya belum sempat aku lakukan dan aku ingin melakukan ini” Dan dia menekan Golden Buzzer. Drew terus menangis dari semenjak mendapatkan Golden Buzzer hingga bertemu kembali dengan pacarnya.

Yang paling menggembirakan dari kontestan ini adalah, fakta bahwa setelah audisi ini, dia tidak menyerah dan justru menjadi Vlogger. Kamu bisa cek channelnya di:

https://www.youtube.com/channel/UCqBvyjQOrXPcwSpvfovjREg

-> Ada salah satu videonya yang bahkan telah ditonton lebih dari 1 juta kali.

Dari cerita ini, paling tidak kita bisa belajar bahwa memang habis gelap terbitlah terang atau itulah kenapa selalu muncul pelangi setelah hujan. Karena setiap manusia akan mengalami saat terburuk yang terasa tidak mampu dihadapinya, namun jika kita tetap optimis dan positif, mungkin itu cara Tuhan untuk menempa kita menjadi orang yang lebih baik. Dari cerita ini, kita bisa mulai percaya itu. Terima kasih Drew ^_^. Bahkan jika kamu tidak akan membaca ini, tetap terima kasih untuk berani menceritakan kisahmu dan terima kasih karena terus berjuang.

Sebuah Lagu Cinta untuk Putra tersayang

Johnny Shelton Original Song “Thats Love” – AGT 2015

Johnny Shelton adalah seorang ayah berusia 25 tahun yang tinggal di Tampa Florida. Lagu yang akan dinyanyikannya ini adalah lagu yang dibuatnya untuk anak laki-lakinya. “Satu hal yang selalu ingin aku ajarkan pada putraku, apapun yang terjadi di dunia, adalah keindahan cinta. Karena dunia tidak perlu kebencian lagi. ” begitu ungkapnya

“Aku kehilangan putraku karena Rhabdomyosarcoma, yaitu Kanker kelenjar getah bening. Dia meninggal di ulang tahunnya yang kelima. Beberapa tahun belakangan ini adalah tahun yang cukup berat. Rasanya kehilangan rasa cinta dalam kehidupanmu. Tapi 2 bulan lalu, aku akhirnya tampil untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Aku merasa itulah saat terdekatku dengannya setelah aku kehilangan dia. Rasanya seperti lubang dihatiku, terisi kembali. Aku tahu dia akan bangga padaku, tapi aku rasa dengan melakukan pertunjukan disini, aku akan membuatnya tersenyum.” Begitulah ucapnya lagi.

Ayah yang sangat mencintai Anaknya

Justin Rhodes “Wake me Up – Avicii” – AGT 2014

Justin Rhodes, adalah seorang anak yang sangat suka dengan musik dan menyanyi semenjak kecil, orang tuannya juga suka ketika dia menyanyi, tapi orang tuanya tidak setuju jika itu dijadikannya pekerjaan utamanya. Akhirnya dia pergi dari rumah untuk membuktikan bahwa dia mampu membuat menyanyi menjadi pekerjaan utamanya. Dia mulai menyanyi dari kafe ke kafe, di bar, dan berbagai tempat yang memungkinkan. Rasanya sangat tidak berguna dan memalukan untuk kembali ke orang tuanya, jadi dia ingin tetap berjuang untuk karir bernyanyinya. Kali ini dia mengikuti audisi ini, dengan disaksikan ayahnya sendiri di bangku penonton untuk membuktikan pada ayahnya jika dia memang layak menjadi penyanyi dan ini adalah takdirnya.

Yang paling menyentuh dari audisi ini, bukanlah lagu atau apa yang dilakukan justin Rhodes, tapi ayahnya. Bahkan sebelum lagunya dimulai, ayahnya sudah menatapnya dengan penuh air mata, seolah menunjukkan bahwa dia percaya, sangat menyayanginya dan bangga padanya. Setiap kali kamera menayangkan ekspresi ayahnya, rasanya sangat menyentuh dan membuatku berkaca-kaca. Benar-benar ayah yang sangat menyayangi anaknya.

Dari cerita ini, ada satu pelajaran yang tak boleh kita lupakan. Orang tua hanya menginginkan yang terbaik untuk kita, kadang kita hanya perlu mengalah sejenak untuk membuktikan perlahan lahan bahwa pilihan kita itu benar. Karena salah atau benar pun pilihan kita, orang tua tak akan berhenti menyayangi kita. Kadang kala kita hanya terlalu egois dan memaksakan keinginan kita tanpa pernah memandang semua dari sisinya. Karena orang tua, ayah ataupun ibu kita tak akan pernah tega membuat kita menderita, kita cuma perlu lebih percaya dan bersabar.

Pemuda dari Irak dengan keterbatasan fisik dan suara mengagumkan

Emmanuel Kelly “Imagine – John Lenon” – X Factor 2011 Australia

Kembali bercerita tentang orang dengan fisik terbatas. Ya, Emmanuel Kelly adalah seseorang dengan fisik terbatas yang bisa kamu lihat sendiri di video diatas. Emmanuel berusia 17 tahun, saat ini tinggal di Australia dan berasal dari Irak. Dia ditemukan oleh ibu angkatnya saat ini di panti asuhan di Irak tanpa sertifikat kelahiran, tanpa passport. Dia dan saudaranya terlahir di medan perang. Dia dan saudaranya ditemukan di sebuah kotak sepatu di taman, oleh perawat. Ketika mereka dibawa ke panti asuhan, mereka mendengar suara tembakan dan suara suara yang pastinya sulit pahami anak-anak.

Saat pertama kali mereka melihat ibu angkatnya di pintu panti asuhan, rasanya seperti mereka melihat malaikat. Sebenarnya dia membawa mereka ke Australia untuk dioperasi, namun akhirnya ibu angkatnya jatuh cinta pada mereka. Ibu angkatnya adalah pahlawan bagi mereka. Ibu ini berjuang sekuat tenaga, dengan sangat keras untuk merubah kehidupan mereka.

Ketika lagu John Lenon dinyayikan olehnya, seolah seorang anak di medan perang menyanyikannya untuk meminta dunia melihat pada mereka. Lihatlah siapa korban perang ini, yang mereka inginkan hanyalah kedamaian. Yang terbayang olehku saat melihat video ini adalah, bagaimana nasib anak anak malang di suriah, di palestina, di irak. Mereka mengalami hal yang bahkan mungkin lebih buruk dari yang dialaminya, tapi apa yang kita lakukan, hanya duduk diam dan menonton. Beberapa dari mereka bahkan merasa beruntung masih hidup. Mereka membutuhkan bantuan kita dalam bentuk apapun, bahkan jika itu hanya sebait doa. Mungkin beberapa ribu rupiah donasi, atau beberapa pakaian dan beberapa suap makanan untuk malam ini.

Lagu untukmu yang ada di Surga

Christian Burrows Original Song “Two Again” – The X Factor UK 2016

Christian awalnya menanyikan lagu lain, namun juri menghentikannya dan menyanyai apakah punya lagu lain, dan dia menjawab iya. Dia punya sebuah lagu yang dia ciptakan untuk saudaranya yang telah meninggal. lagu ini sangat berarti baginya dan selama ini baru ibunya yang pernah mendengar lagu ini. Berikut bait paling menyentuh dari lirik lagunya (menurutku) :

 

Stay up late, watch TV we couldn’t watch                      -> Tetap terjaga, menonton TV yang tak bisa kita tonton
We’d go to school, break the rules, play hopscotch     -> pergi ke sekolah, melanggar aturan, main engkle
And climb trees, chase bees, just to act tough              -> Memanjat pohon, mengejar lebah, agar terlihat tangguh
And fight, fight, fight, fight over brother stuff             -> dan bertengkar mengenai permasalahan saudara

And sneak out late, play football, ’till the sun goes     -> diam diam keluar, main sepak bola, hingga mentari terbenam
My thunder buddy, I will keep you safe as you does  -> Saudara petirku, aku akan menjagamu seperti kau menjagaku

Off to sleep, bed bugs, and counting sheep                  -> beranjak tidur, tidur kumbang (??), dan menghitung domba
Off to sleep, night, night, baby brother sleep               -> beranjak tidur, malam, malam, bayi bersaudara tidur
Until we meet again, Stay safe, my friend                    -> Sampai kita bertemu lagi, tetaplah aman, sahabatku

And I will keep you in my thoughts ’till the very end-> dan aku akan mengingatmu hingga akhir
My little tele tubby, in the sky, with his smile             -> Sahabat kecilku di langit dengan senyumnya
My little thunder buddy, I will see you in a while       -> Sahabat petir kecilku, aku akan menyusulmu sebentar lagi

Mendengar lagu dan lirik yang diciptakannya, entah bagaimana aku merasa rindu dengan ibuku yang telah bertahun-tahun pergi bekerja ke brunei. Rasanya menyakitkan melewatkan setiap hari ulang tahun, setiap liburan, setiap puasa, setiap lebaran dan setiap saat tanpanya.

Untuk siapapun yang nanti akan menjadi ibu atau ayah, ingatlah yang paling dibutuhkan seorang anak adalah ibu dan ayahnya tentunya. Lebih dari segala materi dan gemerlap dunia, yang paling dibutuhkan seorang anak hanya orang tuanya. Tempat dia bersandar ketika merasa tertekan, tempat bercerita ketika sedih, tempat bertanya ketika punya ribuan pertanyaan.

Gadis yang di bully karena menyanyi

Caitlyn Vanbeck “Piece by Piece – Kelly Clarkson” – X Factor UK 2016

Caitlyn Vanbeck adalah seorang gadis yang suka menyanyi. Dia kemudian merekam suaranya dan membagikannya di sosial media. Yang terjadi berikutnya adalah, dia justru medapatkan ejekan atau Bully yang mengomentari teknik bernyanyinya dan mengatakan bahwa suaranya jelek. Hal ini menjadi pukulan yang cukup berat baginya, namun ayahnya yang sangat dekat dengannya mencoba terus menyemangatinya begitu juga ibunya. Dengan lagu ini, dia ingin menyampaikan betapa bahagianya dia menyanyi dan betapa beruntung dia memiliki ayah dan ibu yang sangat mendukungnya.

Lagu piece by piece ciptaan Kelly Clarkson ini memang sebelumnya sudah dikenal sangat menyentuh, dengan ceritanya mengenai ayahnya yang tidak mengakuinya dan bagaimana dia bertemu ayah angkatnya yang perlahan lahan membuatnya lebih percaya diri dan membuatnya mampu percaya kembali akan sosok pria dan ayah.

Bagian paling menyentuh dari lagu ini adalah:

Piece by piece, he restores my faith     -> Sedikit demi sedikit, dia mengembalikan kepercayaanku.
That a man can be kind and the father could, stay  -> Bahwa seorang pria bisa baik, dan seorang ayah bisa tinggal.

Untuk siapapun di luar sana yang terluka karena pria, entah itu seorang ayah, saudara, kekasih, atau suami. Lagu ini bisa juga jadi penyemangat. Seperti Kelly Clarkson yang dulunya, saat bukan siapa siapa memohon pengakuan ayahnya, namun ayahnya tak bergeming sedikitpun. Dia tetap berjuang dalam hidupnya dan Tuhan mengirimkannya seorang ayah yang lebih baik, yang mampu membuatnya percaya kembali akan sosok seorang ayah, yang mampu menyayanginya sepenuh hati, melindunginya dan menjaganya.

Bukan hanya itu Tuhan juga mengirmkan pasangan yang sangat mencintainya, dan seorang buah hati sebagai kado terindah baginya. Habis gelap terbitlah terang bukan? Percayalah selama apapun rasanya kegelapan itu, setelah gelap akan selalu terbit terang. Karena Tuhan selalu ada, atau kata pepatah jawa “Gusti Allah Mboten Sare” -> “Tuhan tidak tidur”. Jadi jika kamu merasa di titik ujung kemampuanmu, dekatkanlah dirimu pada Tuhan dan serahkanlah semua padaNya. Biarkan tangan Tuhan bekerja dengan keajaibannya.

Mel & Jamie “A Great Big World’s Say Something “- Britains Got Talent 2016

Mel dan Jamie adalah ibu dan anak. Sang ibu sudah berkarir sebagai penyanyi dari kafe ke kafe sebelumnya, namun audisi ini adalah kali pertama untuk anaknya Jamie. Awalnya Jamie akan tampil sendiri, namun beberapa minggu sebelum waktu audisi, Jamie berkata ingin mengikuti audisi ini bersama ibunya. Tentu saja permintaan itu menjadi hal yang sangat menggembirakan bagi Mel. Tampil dalam satu panggung yang sama dengan putra yang sangat disayanginya adalah hal yang akan sangat membanggakan dan mengharukan baginya. Meski baru beberapa minggu latihan berkolaborasi, kolaborasi mereka sangat bagus dan terlihat menyatu.

Yang paling menyenangkan saat melihat video ini adalah, bagaimana Mel yang lebih profesional daripada Jamie, membiarkan Jamie memimpin dalam lagu ini. Dan bagaimana Jamie tidak malu membiarkan ibunya memeluk dan menciumnya. Ya, itu adalah hal yang tentunya sangat menyenangkan dan sangat menyentuh untuk dilihat di sebuah panggung. Video ini mengajarkan kita untuk bangga pada keluarga yang kita miliki dan pastinya bangga untuk berjalan atau tampil bersamanya.

Rachael Wooding – Britain’s Got Talent

Rachel adalah seorang ibu berusia 37 tahun. Dia berkata bahwa pekerjaannya sehari-hari adalah menjaga anak gadisnya yang masih berumur 11 bulan. Sebelum menikah dan akhirnya punya anak, dia bekerja sebagai penyanyi di sebuat teater musikal.  Namun akhirnya dia berhenti melakukan pertunjukan sejak dia hamil setelah bulan madu nya di tahun 2014. Dia terlihat sangat antusias menceritakan mengenai gadis kecilnya, Amy, yang bahkan belum jelas dalam berbicara. Menjadi seorang ibu terlihat sangat membahagiakan saat melihatnya. Namun kini dia ingin mencoba menyanyi lagi melalui audisi ini. Dia terlihat gugup, karena dia merasa dipandang tidak lagi sama setelah menjadi ibu, ya dia memang tidak lagi sama tentunya.

Suaranya memang sangat bagus, dan pemilihan lagunya juga sangat cocok dengan karakter suaranya. Dia membuktikan, menjadi ibu memang merubah dirinya, namun bukan dalam arti yang buruk. Karena menjadi ibu justru membuatnya menjadi seorang yang semakin mengagumkan dan sangat menyenangkan.

Joseph Whelan – “Led Zeppelin’s Whole Lotta Love” –  X Factor UK 2012

Yang paling menarik dari video ini adalah Joseph Whelan ini sendiri yang berumur 27 tahun dengan penampilan layaknya “Bad Boy” dengan badan kekar, wajah tampan dan Tatto. Sejak dia memasuki panggung audisi seluruh penonton sudah bersorak dan sangat terpesona dengan penampilannya. Pekerjaannya sebagai sales perlengkapan dan lagu rock yang dibawakannya benar-benar sangat cocok dibawakannya. Ditambah lagi dia adalah seorang ayah dengan anak berusia 5 tahun, dan dia ingin membuat anaknya bangga lewat audisi ini. Suami plus ayah idaman banget deh Mas nya ini.. upssss… 😛

Lagu yang dinyanyikannya adalah lagu dengan genre rock, jadi jangan berharap tersentuh dari lagu yang dibawakannya. Namun ketika anak laki lakinya mulai berlari kearahnya dan matanya terlihat berkca kaca dan memerah. Kamu bisa lihat betapa bangga dan bahagianya dia saat itu.

Gadis kecil yang memohon, kembalikan masa kecilnya

Ghani bu Hamdaan

“A’tuna Tufulah – kembalikan masa kecilku”- The Voice Arab

Mohon maaf, kali ini saya tidak benar benar tahu lagunya dan bahasa yang digunakan. Namun dari yang dikatakan sahabat saya yang pernah tinggal di Damascus atau suriah, lagu ini adalah lagu yang berpesan “Kembalikan masa kecilku”. Lagu ini seperti menyuarakan suara para anak-anak kecil di tengah perang yang tengah terjadi di suriah ataupun palestina. Jika mereka mampu menyuarakan suara dan permohonan mereka, pastinya lagu ini akan sangat mewakili harapan mereka.

Tidak ada anak yang pernah berharap dilahirkan dalam kondisi seperti mereka, hidup di tengah perang besar yang sewaktu-waktu bisa membunuhnya, menghilangkan bagian tubuhnya ataupun merenggut orang-orang yang dikasihininya. Mereka hanya anak-anak tidak berdaya yang menjadi korban kebiadaban manusia, juga ketidakpedulian kita. Kita yang seharusnya ikut mengulurkan tangan, justru hanya berpangku tangan dan menyaksikan penderitaan mereka sejenak, lalu melupakannnya. Dunia bisa menjadi tempat yang lebih baik, hanya jika aku, kamu, kita mulai berubah!

Farizal “IBU (Sakha)”- Indonesian Idol Junior 2014

Beberapa dari kita tentu sudah pernah menyasikan videonya. Fahrizal adalah seorang anak yang seharusnya masih duduk di bangku sekolah dasar saat ini. Dia dan adiknya adalah seorang yatim piatu. Orang tuanya sudah meninggal dan kini dia harus berjuang hidup bersama adiknya. Kurangnya biaya membuatnya menjadi pengamen jalanan. Dia meminta adiknya tetap bersekolah dan membiayai sekolah adiknya dengan menjadi pengamen jalanan.

Dia hanya memiliki satu keinginan kecil, yakni ingin memugar makan orang tuanya. Dia sangat ingin berbakti kepada orang tuanya, dan ingin membuat tempat peristirahatan orang tuanya menjadi lebih layak. Sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga dari seorang anak kecil.

Fahrizal menyanyikan sebuah lagu yang diciptakannya sendiri. Lagu tersebut menceritakan tentang ibu dan betapa dia merindukan ibunya yang kini telah tiada. Bersyukurlah jika kita masih memilik ibu dan ayah yang masih bisa memarahi kita ataupun selalu mengatur kita. Paling tidak, kita masih memilikinya, bayangkan jika kita tidak lagi memiliknya.

Terasa sejahat atau seburuk apapun orang tua kita, karena merekalah kita bisa mencapai usia kita sekarang ini. Karena merekalah kita bisa hidup. Bahkan jika orangtuamu memang seseorang yang jahat dan menelantarkanmu, mereka adalah dua orang manusia yang berhasil mengenalkanmu pada dunia. Kita masih berhutang terima kasih yang tak terbalas pada mereka. Dimanapun kamu berada, jangan pernah lupa menghubungi orangtuamu, karena kadang orang tua hanya ingin mendengar kabarmu, ingin mendengar cerita bahwa buah hatinya yang dulu kecil, tak berdaya da nakal, kini telah tumbuh dewasa dan mampu menghadapi kehidupan sendiri.

Kita hanya akan tahu, ketika kita berada pada posisi mereka. Betapa melelahkannya mengurus anak-anak seperti kita dulunya, dan betapa sabarnya mereka terhadap kita. Kita akan menyadarinya,..

Choi Sung-Bong – Korea Got Talent 2011

Choi Sung-bong adalah seorang pemuda biasa yang berusia 22 tahun. Cerita luar biasa datang darinya, dia mengalami masa kecil yang sangat menyedihkan. Selama ini dia hidup dalam keadaan yang cukup buruk. Dia bahkan merasa tidak percaya diri untuk mengikuti audisi ini. Dia hanya ingin kehidupan normal seperti halnya orang lain.

Dia mengaku bahwa dia tidak cukup pandai menyanyi, tapi ketika da menyanyi, dia merasa menjadi seseorang yang berbeda. Dia menyebut dirinya seorang pekerja serabutan atau sering kita sebut kuli. Dalam form audisi yang diserahkannya, dia membiarkan kolom keluarga kosong, dan ketika juri menanyakannya, dia menjawab.

“Saya ditinggalkan di panti asuhan saat usia saya 3 tahun. Dan setelah umur saya 5 tahun, saya kabur setelah dipukuli oleh orang-orang disana.” jawabnya. Lalu juri lain menanyakan, bagaimana dia hidup semenjak itu. “Saya menjual permen karet atau minuman berenergi di jalan. Saya hidup demikian selama 10 tahun” jawabnya lagi. Dia juga memberitahukan bahwa selama ini dia hanya tinggal sendiri, sejak umurnya 5 tahun. Selama 10 tahun itu dia juga tidur di lantai atau toilet umum.

Dia mengambil penyetaraan pendidikan untuk mengejar pendidikan SD dan SMP nya, di indonesia mungkin seperti paket A,B ataupun C. Dan sekolah pertama yang benar benar diajalaninya adalah SMA. Saat ditanya apakah dia suka menyanyi, dia juga menjawab. “Jika dibilang suka menyanyi akan lebih cocok jika dikatakan bahwa aku suka menyanyi karena itu adalah hal yang pertama kusuka setelah segala hal buruk yang terjadi dalam hidupku. Aku bukan penyanyi yang bagus, tapi aku suka menyanyi”

Dia menyanikan sebuah lagu seriosa yang sangat menyentuh. Jujur, aku tidak bisa menjelaskan tentang lagu yang dibawakannya. Hanya saja caranya menyanyi benar benar mnyentuh dan terasa menyedihkan.

Saat ditanyai, kenapa kamu suka menyanyi, dia menceritakan. “Saat aku masih kecil, aku mengalami banyak hal buruk, seperti ketika aku dijual entah kemana. Suatu hari, ketika aku menjual permen karet di sebuah club malam. Aku melihat seorang penyanyi menyanyi di panggung. Biasanya club malam diiringi musik yang menarik, aku terpesona dengan sang penyanyi yang menyanyi di panggung dengan sungguh sungguh. Sejak saat itu aku suka menyanyi. ” Ujarnya kemudian. Dia juga menjelaskan bahwa dia selama ini mengambil kelas master untuk latihan menyanyinya ketika sempat, dan selalu belajar sendiri selebihnya.

Yang terakhir, adalah cerita yang sangat menyentuh. Melihat video video audisi ini, membuatku beajar akan banyak hal. Mengajarkan kita untuk lebih bersyukur, lebih mau berbagi, dan lebih menghargai orang lain. Kehidupan akan lebih indah, hanya jika kita membuatnya lebih indah. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *